Sunday, June 03, 2007

KEBIASAAN PAKE HELM

Gw orang motoran, alias kemana-mana pergi naek motor, bukan angkot bukan mobil bukan becak. Kalo di Bandung, semua orang yang naek motor di jalan raya harus pake helm, kalo nggak para polisi udah nunggu dengan setia di tiap tikungan untuk menilang kita dengan sukses dan bersahaja.

Pemerintah menetapkan peraturan buat pengendara motor pake helm supaya mengurangi resiko kerusakan parah pada bagian kepala kalo si pengendara mengalami kecelakaan. Tapi kalo gw perhatiin, ada lima alasan kenapa kita pake helm kalo naek motor.

1. Kepala selamet en gak geger otak kalo jatoh/celaka. Sekalipun jaraknya deket, gak ada polisi en mengemudinya di kawasan yang gak ada aturan pake helm (misalnya di Banyumas), dia pasti tetep pake helm lantaran sadar akan keselamatan dirinya.
2. Ikutin peraturan. Orang kayak gini taat pada peraturan, disiplin dan mendukung program pemerintah, hehe. Mau ada polisi ataupun gak ada polisi di jalan, dia bakalan taat sama rambu en aturan lalulintas. Nah, biasanya, kalo peraturannya berubah atau gak ada (misalnya di Bali) maka dia gak bakalan pake helm.
3. Takut polisi alias takut dihukum. Dia cuman pake helm kalo ada polisi doang. Kalo dia pikir sepanjang perjalanan gak bakalan keliatan ama polisi, maka dia gak bakalan pake helm.
4. Gaya. Gw punya tuh temen kayak gini, dia pake helm lantaran fashion. Helmnya dia pilih yang keren, bergambar, matching ama jaket, kaos kaki, dompet en spakbornya. Dia gak mau pake helm kalo helmnya jelek, mending ditilang atau jalan kaki deh.
5. Kebiasaan. Nah… ini gw. Gw udah terbiasa pake helm. Kalo naek motor gak peke helm rasanya kepala mau terbang, ujung-ujungnya masuk angin. Kalo naek motor, otomatis helm dipake… tanpa sadar lho.

Nah, kamu-kamu yang suka naek motor pasti termasuk dari salah satu diatas. Yang mana?

Dalam Alkitab, Firman Tuhan banyak memberi kita aturan dan aturan. Ada yang kalo dijalanin dapet upah, ada juga yang kalo dilanggar jadi berdosa. Ada yang melakukannya dengan terpaksa, adapula yang melakukannya dengan senang hati. Ada yang melakukannya lantaran kalo nggak entar masuk neraka, ada pula yang melakukannya gara-gara pengen dapet berkat. Ada yang melakukannya karena kebiasaan dari kecil, ada pula yang melakukannya karena dia saying ama Tuhan. Yang mana gayamu? (Fery!GFRESH! www.budchrist.blogspot.com)

1 KOMENTAR:

Jenny Jusuf said...

"Yang mana gayamu?"

Sejujurnya... most likely yang nomor 3, hehe. *ngaku*

Jadi inget pengalaman 2 minggu lalu, boncengan sama temen dan pake helm pinjeman. Karena jaraknya deket, gue gak ngiket talinya di bawah dagu. Pas di jalan, bertiuplah angin kencang. Dan gue dengan suksesnya lupa megangin itu helm.

Helmnya terbang, dong!
Dan ancur kelindes kontainer.

Alamaaak!

Asli, gue panik.
Akhirnya gue nerusin pake angkot karena takut di-stop polisi, dan setelah sampai di tujuan, gue bermelas-melas jaya.. minta maaf ke temen gue.

Huhuhuw...
Maaf ya, teman.