Friday, March 30, 2007

INDONESIA DI HOLLYWOOD

Taukah kamu kalo Indonesia sering muncul di film-film Hollywood?

Biasanya film Hollywood akan mengunakan nama, tempat atau karakter dari Asia untuk menggambarkan sesuatu. Misalnya kalo ada orang Jepang biasanya untuk menggambarkan orang yang pintar, ahli teknologi atau geek (kutu buku). Orang Cina untuk menggambarkan budaya yang tinggi atau jago kungfu/bela diri.

Kalo Indonesia?
Memang sih karakter tokoh orang Indonesia kayaknya belum pernah mncul d film Hollywood (setau saya) tetapi nama dan imej Indonesia sering juga muncul di sana, dan biasanya untuk menggambarkan 'primitif' atau 'antah berantah (jauh)'.

Misalnya:
- Di film King Kong (versi tahun 1933 ataupun 2005), disebutkan kalo pulau tempat King Kong berada adalah di pulau Tengkorak, berada di lautan sekitar Indonesia (untuk menggambarkan bahwa pulau itu jauh dan primitif). Makanya kapal laut yang membawa King Kong adalah kapal Soerabaja (Surabaya).

- Di film Jumanji, ketika Robin Williams kembali ke dunia nyata dari hutan maya dengan berpakaian seperti orang gila, ia hendak ditangkap oleh polisi karena dianggap membuat onar. Tetapi Kirsten Dunst mengelabui si polisi dengan mengatakan bahwa Robin adalah pamannya yang berasal dari Indonesia (agar si polisi gak banyak tanya lagi soalnya Indonesia dianggap jauh dan primitif, seperti kelakukan Robin Williams saat itu).

- Dalam salah satu episode serial Smallville, pacar masa SMA Lana Lang mendaftarkan diri menjadi tentara untuk di kirim ke Aceh Indonesia (untuk mengambarkan medan perang yang jauh dan ganas) dan mati di sana.

Hmmm... kayaknya masih banyak deh. Cuman saya lupa! Abis gak dicatet sih kalo nonton. Entar kalo nemu lagi saya masukin lagi deh.

Semoga di masa depan, imej Indonesia akan menjadi lebih baik di mata Hollywood, dan karakter tokoh orang Indonesia akan muncul sebagai hero. (F!)

4 KOMENTAR:

Anonymous said...

Film Anaconda 2 juga setting-nya di Indonesia -- yang mana membuat gue penasaran untuk nonton, tapi setelahnya jadi rada il-feel..

Seakan Indonesia tuh tempat berkembang biak segala jenis monster berbahaya yang bisa makan orang.. :(

Admin said...

hahahahahha !!!

3--3 fiLm itu dah aku nonton.. tapi Tak pernah tau kaLo ada kata2 iTu ???

mhmhmhm !!!
ada satu lagu nih tambahan !!!

di film anaconda versi baru yang pake kalimantan buat setting tempatnya !!

nah di situ kan ada Tu orang2 yang pake bahasa Indonesia !!

jadi tambah deh.. pendapat org2 kalo indonesia itu ladangnya Monster...

hhahahhahahhahha

gres said...

yah si eneng! main langsung bangga aje! perhatiin deh, ini setau gw, di film kingkong, si pemerannya bilang mau bikin film di singapura (emang singapur ada hutan belantara?!) terus di kapalnya knp ada tulisan surabaya ama kalimantan??? Nah lo! menurut gw produksi film kingkong ada kerjasama ama singapur. singapurnya mungkin blg daerahnya ada surabaya ama kalimantan. fuckshit!

Anonymous said...

Tahun 1982, The Year of Living Dangerously. Di bintangi oleh Mel Gibson. Film tersebut menceritakan pengalaman seorang wartawan asing di Indonesia di era Soekarno.

Pada tahun 1884, mendapat Oscar untuk kategori film asing.