Friday, September 28, 2007

DUA SYARAT SELAMAT

Apakah kita sudah selamat?

Biasanya kita akan tau jawabannya kalo kita bertanya pada diri sendiri apakah Tuhan Yesus sudah menyelamatkan kita alias apakah kita sudah percaya Yesus dan menjadikanNya Jurus selamat kita?

Jadi itu syaratnya. Bukan perbuatan baik. Bukan amal. Bukan usaha kita. Tapi kasih karunia Yesus.

Tapi ternyata, saya menemukan ada lagi syarat untuk kita bisa selamat selain percaya pada Yesus! Oh my God!

“Kita tahu, bahwa kita sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup, yaitu karena kita mengasihi saudara kita. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tetap di dalam maut.” (1 Yohanes 3:14).

Tuhan sudah menyelamatkan kita, memindahkan kita dari alam maut ke dalam hidup yang kekal. Tapi ternyata, kalo kita nggak mengasihi, kita belum selamat! Wah, serem nih! Ketika kita jadi anggota keluarga Allah (Efesus 2:19), kita harusnya jadi orang yang nggak lagi memilih-milih orang yang pantas untuk dikasihi, tapi menjadi orang yang memiliki kasih yang bebas dan tidak bersyarat.

So, kalo kita nggak mengasihi orang lain, dan kalo kita cuma peduli diri sendiri, kita harusnya bertanya-tanya apakah Kristus benar-benar tinggal dalam hidup kita? Hati yang diubahkan oleh Tuhan adalah hati yang mengasihi.

Kalo ada yang nanya, apakah kita udah yakin ‘selamat’ karena Yesus menebus kita? Kita harus tanyakan pada diri sendiri: ‘apakah saya mengasihi orang lainnya?’ Kalau nggak ada buah, kita harus meragukan apakah ada akarnya!

Oh, Tuhan ajar aku mengasihi orang lain lebih sempurna lagi. Plizz.

Tuesday, September 18, 2007

THOUGHTFUL PRESENT

Paling stress adalah kalo udah ada temen or sodara (termasuk istri) yang ulang taun. Soalnya saya kalo ngasih kado gak mau sembarangan, istilahnya harus thoughtful. Harus dipikirin, kado apa yang dia pasti seneng. Maksudku, dikasih kado pasti seneng, tapi kan beda kalo kadonya betul-betul yang dia suka (bukan cuman yang dia butuh! Soalnya kalo butuh, baju juga butuh, tapi belum tentu dia suka modelnya).

Hal ini juga mungkin karena saya gak pernah dikasih kado yang thoughtful. Bahkan saya jarang sekali dikasih kado. Mungkin karena lingkungan masa kecil dan remaja saya ada di lingkungan dimana gak ada budaya saling memberi kado kalo ultah.

Nah, ...saya nulis ini sebenernya gak tau mau nyampein apa! Hehe.
Cuman lagi seneng aja, soalnya ultahku sebulan lagi, tapi udah ada temen yang ngasih kado, temen kantor, namanya valent dan andriet. Dan mereka memberi kado yang betul-betul saya suka!!!! The best gift ever! Sebuah action figure Bumblebee (dari film Transformers)! Soalnya saya suka action figure (terutama superman). Hanya saja gak pernah ada yang membelikan saya hadiah action figure, karena mungkin saya dianggap udah bapak-bapak, hehehe. Jadi, intinya saya pengen berbagi senang! Hahahahaha.

*btw, ultahku tanggal 10 Oktober. Ada yang mau ngasih kado juga? Hehehe*

Monday, September 17, 2007

ORANG KAYA MASUK NERAKA, ORANG MISKIN MASUK SURGA

"Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan. Dan ada seorang pengemis bernama Lazarus, badannya penuh dengan borok, berbaring dekat pintu rumah orang kaya itu, dan ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja orang kaya itu. Malahan anjing-anjing datang dan menjilat boroknya. Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham. Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya. Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini. Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita.” (Lukas 16:19-25)

Waduh, gimana dong. Jadi orang kaya malah masuk neraka. Jadi orang miskin gak enak waktu masih idupnya! Mana yang bakalan aku pilih neh? Kalo kamu disuruh milih dari tokoh-tokoh di cerita itu, kamu mau pilih mana? Lazarus atau si orang kaya?

Hehehe. Kalo pilihannya memang cuman dua, ya pilih Lazarus dong. Tapi sebenernya ada tiga orang tokoh dalam cerita diatas. Coba perhatiin, siapakah itu? Yup, Abraham.

Abraham adalah orang kaya, dan dia juga masuk surga. Mau jadi orang kaya yang masuk surga? Ikutin teladan Abraham. Pelajari kehidupannya dalam alkitab, telaah dalam buku-buku rohani.

Wednesday, September 05, 2007

BOTOL AIR MINERAL

Kalo di jalan, lagi motoran, aku paling seneng (tanpa sadar) menggilas botol/gelas bekas air mineral yang dibuang sembarangan oleh orang. Soalnya bunyinya menarik! Kreeek. Nah, kalo kebetulan istriku lagi ikut dibonceng, dia bakalan ngomel dan bilang kalo aku gak boleh ngegilas botol/gelas itu, alasannya lantaran gelas/botol itu masih berguna buat para pemulung. Asal tau aja, gelas/botol bekas air mineral yang masih utuh alias dalam kondisi yang baik lebih mahal harganya daripada yang udah rusak. So, kita bisa memberkati si pemulung dengan nggak ngerusak botol/gelas bekas air mineral itu.

Tapi kemudian... aku nonton liputan berita investigasi di tipi, kalo ternyata selain botol/gelas bekas air mineral itu nggak baik digunakan ulang, ternyata kalo kondisinya masih utuh biasanya dibeli oleh seorang kriminal dari pemulung untuk kemudian diisi air biasa dan dijual lagi dengan merek sama, alias pemalsuan. Lalu pakar kriminolognya ngasih tips kalo kita membuang botol’gelas plastik bekas harus diremukan/dirusak terlebih dahulu agar nggak bisa digunakan lagi.

Nah lho.. setelah kamu mengetahui info diatas, isi polling berikut: